PAX HUMANA
Vol 7, No 1 (2020)

Optimalisasi Instagram Sebagai Alat Cyber Public Relations Perusahaan di Era Industri 4.0.

Haryadi Mujianto (Universitas Garut)
Zikri Fachrul Nurhadi (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Di era industri 4.0 manajemen perusahaan dihadapkan dengan berbagai peluang untuk menggali potensi pasar salah satunya dengan sistem digitalisasi. Penggunaan cyber public relations memudahkan manajemen untuk berkomunikasi dengan masyarakat secara cepat dan efisien. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang banyak digunakan sebagai alat cyber public relations. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi instagram sebagai alat cyber public relations perusahaan di era industri 4.0. Penelitian dilakukan pada beberapa perusahaan yang telah menggunakan Instagram sebagai salah satu alat cyber public relations. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif. Subyek penelitian adalah informan yang memberikan data penelitian melalui wawancara. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa optimalisasi instagram sebagai alat kehumasan membawa manfaat besar terhadap kinerja public relations perusahaan. Manajemen perusahaan dapat melakukan kampanye komunikasi pada konsumen dengan lebih meluas dengan adanya Instagram.Kata kunci: Optimalisasi Instagram, Alat Cyber Public Relations, Era Industri 4.0.AbstractIn the industrial era 4.0, the company's management was faced with various opportunities to explore market potential, one of which was by digitizing the system. The use of cyber public relations makes it easy for management to communicate with the public quickly and efficiently. Instagram is a social media platform that is widely used as a tool for cyber public relations. This study aims to analyze the optimization of Instagram as a tool for corporate public relations in the Industrial Age 4.0. The study was conducted on several companies that have used Instagram as a cyber public relations tool. The method used in this research is qualitative with descriptive analysis. Research subjects are informants who provide research data through interviews. This research results in finding that optimizing Instagram as a public relations tool brings great benefits to the company's public relations performance. Company management can carry out communication campaigns to consumers more widely with Instagram. Keywords: Instagram Optimization, Cyber Public Relations Tools, Industrial Era 4.0.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Pax Humana adalah Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma yang terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). Jurnal ini hadir sebagai wadah pencerahan dan pemberdaya masyarakat atas dasar kasih dan ...