AbstrakAnalisis penguatan pendidikan karakter bagi anak usia dini diharapkan mampu membentuk para generasi bangsa yang memiliki karakter kuat sehingga mampu mencerminkan karakter dari bangsa Indonesia itu sendiri. Penerapan guru dalam penguatan pendidikan karakter bagi  pendidikan anak usia dini, diperlukan sebagai suatu bentuk kerjasama antar komponen sekolah yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan proses penguatan pendidikan karakter itu sendiri. adapun komponen yang turut membantu adalah kepala sekolah dan para guru yang merupakan teladan dalam implementasi penguatan pendidikan karakter dalam bersikap dan bertindak serta mencerminkan nilai-nilai karakter dalam dirinya, selain itu budaya dari sekolah dikondisikan sebagai syarat akan nilai-nilai karakter baik dari desain ruangan maupun benda-benda yang menunjang dalam penguatan  pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi bagi para guru di TK dalam Menganalisis Kemampuan Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini di TK Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya guru dalam memberikan penguatan karakter bagi anak usia dini di TK sudah mengalami perkembangan pengetahuan hal ini dapat dilihat dari perencanaan guru dalam membuat perangkat pembelajaran melalui rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) dan rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM).Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Anak usia diniÂ
Copyrights © 2019