Jurnal IPA Terpadu
Vol 2, No 2 (2019)

PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANTAENG (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia)

Dina Rahmawati (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Mun'im (Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode eksperimen kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng (3) Pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng  pada materi sistem pencernaan pada manusia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik 125 orang. Pengambilan sampel dipilih dua kelas dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Penelitian ini melibatkan sebanyak 44 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument tes yang berupa pilihan ganda sebanyak 25 butir soal untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil analisis deskriptif rerata N-Gain pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu  0.72  sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang  yaitu 0.62 . Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial mengunakan uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantaeng  pada materi sistem pencernaan manusia.

Copyrights © 2019