JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia
Vol 11 No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia

PERCEIVED SERVICE QUALITY DAN INTENTION MAHASISWA DI SURABAYA: STUDI EMPIRIS PADA APLIKASI MOBILE DENGAN LAYANAN FREEMIUM

Okto Aditya Suryawirawan (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara service quality dan intention pada penggunaan aplikasi mobile yang memiliki layanan freemium oleh mahasiswa di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terhadap 149 mahasiswa. Kriteria sampel adalah mahasiswa yang menggunakan aplikasi dengan layanan freemium di smartphone yang mereka miliki. Penelitian ini menggunakan alat analisis statistic partial least square dengan software SMART PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perceived service quality berpengaruh positif signifkan terhadap usage intention dan purchase intention (2) assurance, empathy, reliability dan responsiveness berpengaruh positif namun hanya responsiveness yang pengaruhnya signifikan terhadap usage intention (3) assurance, empathy, reliability dan responsiveness berpengaruh positif namun hanya assurance yang pengaruhnya signifikan terhadap purchase intention (4) usage intention berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrmsi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia: JRMSI published since 2010. Registred with code of E-ISSN 2301-8313. JRMSI contains article related to the field of management, including financial management, marketing management, human resource management, strategic management, operations management, and ...