AMM
Vol 1, No 1 (2019)

PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA REJANG LEBONG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Sarwoedi, Sarwoedi (Unknown)
Widada, Wahyu (Unknown)
Herawaty, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem based learning (PBL) berbasis etnomatematika Rejang Lebong terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri Rejang Lebong. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA negeri 10 Lejang Lebong dengan sampel 4 kelas. Instrumen yang dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  kemampuan awal siswa, model pembelajaran dan orientasi materi trigonometri secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu dengan pengaruh sebesar 61,6%.

Copyrights © 2019






Journal Info
AMM

Abbrev

aam

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Focus and Scope Annals of Mathematical Modeling integrates authoritative reports on current mathematical, articles cover a wide range of topics, including mathematical analyses, probability, statistics, cybernetics, algebra, geometry, mathematical physics, wave propagation, stochastic processes, ...