JURNAL ISTRENDI
Vol 5 No 1 (2020): Edisi April 2020

Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Jejaring Sosial Facebook Siswa Kelas X TKJ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancakarya Tangerang

Riky Marantika (Unknown)
Isdewangga Isdewangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi melalui jejaring sosial Facebook siswa kelas X TKJ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pancakarya Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah memahami faktor-faktor Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukkan, ketuntasan belajar sebesar 54,29%, berarti pada siklus I siswa belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan (75%), hal ini karena masih ada siswa yang kurang fokus karena dan cendrung asyik bermain facebook sendiriPada siklus II, guru memberikan fokus untuk lebih fokus dalam Menulis Teks eksposisi melalui jejaring sosial Facebook , sehingga pada siklus II ketuntasan klasikal menjadi 83,33%. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I 69,19% pada siklus II peningkatan prestasi menjadi 78,94%. Daya serap klasikal juga meningkat dari 69,19% menjadi 78,94%. Peningkatan ini tampak dari proses pembelajaran dan aktivitas siswa yang lebih aktif, fokus dan lebih bersemangat. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan pembelajaran melalui Jejaring Sosial Facebook guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik lisan maupun online , siswa lebih leluasa dengan fasilitas facebooktanpa khawatir takut siswa lebih senang dalam memberikan ide juga berpikir aktif dalam media tulisan menggunakan facebook

Copyrights © 2020