Techne : Jurnal Ilmiah Elektroteknika
Vol. 19 No. 1 (2020)

Optimasi Sistem Turbin Angin Menggunakan Maximum Power Point Tracking (MPPT) dengan Metode Particle Swarm Optimization (PSO): (Studi kasus di PLTH Bayu Baru, Bantul Yogyakarta)

Husein Mubarok (Universitas Islam Indonesia)
Bibie Albar Whiancaka (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2020

Abstract

Permasalahan tentang krisis energi listrik, merupakan hal yang patut dikaji dalam beberapa dekade ini. Di mana mayoritas sumber energi listrik masih menggunakan bahan bakar fosil yang mulai habis dan tidak ramah lingkungan. Untuk itu, diperlukannya aksi serta perubahan untuk mulai beralih pada sumber energi alternatif yang berasal dari alam. Permasalahan terkait energi baru terbarukan sudah tak asing lagi dan telah dikembangkan, antara lain dengan Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) yaitu merupakan pembangkit gabungan antara beberapa jenis pembangkit. Pada penelitian ini dibahas optimasi sistem turbin angin yang disimulasikan secara matematis dan menerapkan penggunaan Maximum Power Point Tracking (MPPT) dengan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan optimasi tersebut menghasilkan daya keluaran yang lebih optimal dan efisisen, serta respon yang baik terhadap perubahan kecepatan angin.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

techne

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

urnal Ilmiah Elektroteknika Techné (p-ISSN: 1412-8292, e-ISSN: 2615-7772) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer, Universitas Kristen Satya Wacana. Kajian ilmu yang tercakup dalam Jurnal Ilmiah Elektroteknika Techné adalah bidang-bidang Elektronika ...