Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 4, No 4 (2019): November 2019

Fenomena Perang Tanda Pagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode di Instagram dalam membangun Kontruktivisme Berfikir Pemilih Pemula (Studi Deskriptif Kualitatif pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala)

Ahmad Firdaus (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Deni Yanuar (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Perang Tanda Pagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode di Instagram dalam membangun kontruktivisme berfikir pemilih pemula”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fenomena perang hastag pada saat pra pemilihan presiden 2019 yang terjadi di instagram dapat mempengaruhi serta membangun (kontruktivisme) berfikir  pemilih pemula. Teori yang digunakan adalah Teori Ketergantungan media (Dependency Theory), dimana teori ini mengasumsikan semakin besar derajat ketergantungan seseorang terhadap suatu media maka pesan dari media tersebut akan semakin berpengaruh bagi orang tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara semi terstruktur. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah teknik purposif sampling. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa Fenomena perang Tagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode yang terjadi di Instagram ini memiliki dampak terhadap pembentukan pola fikir pemilih pemula. Efek yang dihasilkan melalui pesan-pesan yang disampaikan melalui perang tagar memberikan informasi tambahan seputar politik dalam negeri pra pemilihan presiden serta pandangan politik khususnya pada aspek pengenalan calon. Adapun hasil dari kontruktivisme yang dihasilkan melalui fenomena perang tagar ini adalah pemilih pemula semakin mantap dengan pilihannnya pada saat hari pemilihan.Kata Kunci: Perang tagar #2019GantiPresiden dan #Jokowi2Periode, Instagram,                    Kontruktivisme berfikir, Pemilih pemula War phenomenom of Hastags #2019GantiPresiden and #Jokowi2Periode on Instagram in building constructivism for beginner voters' thinking : Descriptive Study of Students of Syiah Kuala UniversityABSTRACT – This study is entitled "Phenomenon of the War of Hastags #2019GantiPresiden and #Jokowi2Periode on Instagram in building constructivism for beginner voters' thinking". The purpose of this research is to find out how the phenomenon of the hashtag war during the 2019 pre-presidential elections that occurred on Instagram can influence and build (constructivism) thinking of novice voters. The theory used is the Dependency Theory, where this theory assumes the greater the degree of dependence of a person on a media, the message from the media will be more influential for that person. The method used in this study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. Data collection tools in this study were in the form of semi-structured interviews. The informant selection technique used is purposive sampling technique. Based on the results of data processing, the results of the #2019GantiPresiden and #Jokowi2Periode war phenomena that occur on Instagram have an impact on the formation of beginner voter thinking patterns. The effects generated through the messages conveyed through the hashtag war provided additional information about pre-presidential domestic politics as well as political views especially on the aspect of introducing candidates. The result of the constructivism produced through the phenomenon of hashtag warfare is that novice voters are more determined by their choice on election day. Keywords :    Hastags #2019GantiPresiden and #Jokowi2Periode, Instagram, Contructivism thinking, Beginner Voter.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...