PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA
2020: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 10 JANUARI 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VI SD NEGERI 210 PALEMBANG

Alamsyah, Muhammad (SD N 210 Palembang)
Fahri, Zuldes (Dinas Pendidikan kota Palembang)
Fitria, Happy (Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
04 May 2020

Abstract

Abstract— This research aims to improve children's story listening skills through the use of audio visual media for grade VI students of SD Negeri 210 Palembang.  This research is a classroom  action research  consisting of stages of planning, action, observation, and reflection.  The subjects of this research were students in grade VI of SD Negeri 210 Palembang, with a total of 41 people.  Data collection in this study used a test.  The data analysis technique used is quantitative data analysis technique that is by looking for averages and percentages of the value of listening skills of children's stories for each cycle.  Based on the results of data analysis  for the improvements that have been made, it can be concluded that learning using audio visual can improve children's listening skills.  This can be seen from the percentage of KKM achieved before being given treatment, mastery of  learning is only 25% with an average of 55.8, then after improvements in learning using audio visual media there is an increase in the first cycle to 53% with an average of 70,  then increased again to 86% in the second cycle with the achievement of the class average to 86.3.  From the results of the discussion of learning improvement, that audio-visual media can improve the learning outcomes of Grade VI students at SD Negeri 210 Palembang.Keywords— Indonesian, Audio Visual Media, listening skills Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak melalui penggunaan media audio visual untuk siswa kelas VI SD Negeri 210 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 210 Palembang yang berjumlah 41 Orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan mencari rata-rata dan persentase nilai keterampilan menyimak cerita anak setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian perbaikan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase KKM yang dicapai sebelum diberi perlakuan, ketuntasan belajar hanya sebesar 22% dengan rata-rata 55,8, selanjutnya setelah dilakukan perbaikan pembelajaran menggunakan media audio visual ada peningkatan pada siklus I menjadi 47% dengan rata-rata 70, kemudian meningkat lagi menjadi 93% pada siklus II dengan pencapaian rata-rata kelas menjadi 86,3. Dari hasil pembahasan hasil peneilitian perbaikan pembelajaran, bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri 210 Palembang.Kata Kunci— Kahoot, Media Pembelajaran, Evaluasi Siswa

Copyrights © 2020