Jurnal Edukasi AUD
Vol 5, No 2 (2019): Desember

PENGEMBANGAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK ASPEK KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI BUNGA BANGSA TUDE KECAMATAN JEREBUU KABUPATEN NGADA

Noge, Maria Desidaria (Unknown)
Meo, Matilde (Unknown)
Ngura, Elisabeth Tantiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pohon angka sebagai media untuk kemampuan aspek berbahasa pada Anak Usia Dini di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude. Metode penelitian dikaji menggunakan jenis penelitian model pengembangan ADDIE, model ini terdiri atas lima tahap yaitu, (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation.Dalam penjabaran diantaranya: 1)  pada tahap analyze (analisis) dibagi menjadi 3 yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa, dan analisis kompetensi; 2) pada tahap design (desain), peneliti membuat perencanaan desain produk ( pohon angka) dengan desain awal yaitu ranting kayu; 3) pada tahap Development (pengembangan), peneliti membuat suatu pengembangan media pohon angka yang utuh yang sudah didesain awal dan juga buku panduan yang direvisi oleh ahli 4) pada tahap Implementation (implementasi), peneliti menerapkan produk yang sudah direvisi untuk diuji coba 5) pada tahap Evaluation (evaluasi), dilakukan untuk merevisi tiap tahap-tahap lainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba produk terdiri atas 5 instrumen dengan nilai rata-rata dari instrumen ahli materi 93% pada kategori sangat valid, instrumen ahli media 76% pada kategori valid, instrumen ahli desain 80% pada kategori valid, instrumen uji coba perorangan 95% pada kategori sangat valid, instrumen uji kelompok kecil 98% pada kategori sangat valid. Kata-kata kunci: kemampuan berbahasa, media pohon angkaAbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pohon angka sebagai media untuk kemampuan aspek berbahasa pada Anak Usia Dini di TKK Negeri Bunga Bangsa Tude. Metode penelitian dikaji menggunakan jenis penelitian model pengembangan ADDIE, model ini terdiri atas lima tahap yaitu, (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation.Dalam penjabaran diantaranya: 1)  pada tahap analyze (analisis) dibagi menjadi 3 yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa, dan analisis kompetensi; 2) pada tahap design (desain), peneliti membuat perencanaan desain produk ( pohon angka) dengan desain awal yaitu ranting kayu; 3) pada tahap Development (pengembangan), peneliti membuat suatu pengembangan media pohon angka yang utuh yang sudah didesain awal dan juga buku panduan yang direvisi oleh ahli 4) pada tahap Implementation (implementasi), peneliti menerapkan produk yang sudah direvisi untuk diuji coba 5) pada tahap Evaluation (evaluasi), dilakukan untuk merevisi tiap tahap-tahap lainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba produk terdiri atas 5 instrumen dengan nilai rata-rata dari instrumen ahli materi 93% pada kategori sangat valid, instrumen ahli media 76% pada kategori valid, instrumen ahli desain 80% pada kategori valid, instrumen uji coba perorangan 95% pada kategori sangat valid, instrumen uji kelompok kecil 98% pada kategori sangat valid. Kata-kata kunci: kemampuan berbahasa, media pohon angka

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalaud

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism ...