Jurnal Basicedu
Vol 4, No 3 (2020): July, Pages 523-774

Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar

Yunita Lesmanawati (Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia)
Wardani Rahayu (Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia)
Kadir Kadir (UIN Syarif Hidayatullah, Banten, Indonesia)
Vina Iasha (Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak kemampuan berpikir matematis terhadap Self Regulated Learning  dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dan jenis model Eksperimen.  Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VI Semester Ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di SDN Cibubur 04 Kotamadya Jakarta Timur.  Analisis studi ini menggunakan teknik analisis varians. Hasilnya menunjukkan bahwa peran kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki pengaruh dengan Self Regulated Learning. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para guru mengenai pengembangan lima komepetesi dasar matematikansiswa, sehingga mereka menjadi acuan dalam memperluas pengetahuan dan mempopulerkan guru dalam memberikan tes matematika kepada siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...