Jurnal Basicedu
Vol 4, No 3 (2020): July, Pages 523-774

Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar

Agusrita Agusrita (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Darnis Arief (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Rafly Surya Bagaskara (UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Rahmania Yunita (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas IV MIN 4 Padang Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis dan membaca puisi siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil rekapitulasi pada siklus I pembelajaran 1 nilai parsentase keterampilan menulis siswa sebesar 55% terjadi peningkatan pada siklus I pembelajaran II nilai keterampilan menulis siswa sebesar 65% dengan kategori Cukup dan adanya peningkatan pada siklus II pembelajaran III dimana hasilĀ  keterampilan menulis puisi dengan nilai parsentase 90% dengan kategori sangat Baik. Berdasarkan hasil belajar tersebut, dapat dikatakan bahwa penggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...