Jurnal Telematika
Vol 8, No 1 (2013)

Pengembangan Sistem Penilaian Kualitas Pelayanan dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA)

Evasaria Sipayung (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa)
Arief Samuel Gunawan (Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Harapan Bangsa)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2013

Abstract

Rumah Sakit Advent Bandung (RSAB), yang berlokasi di Jl. Cihampelas No. 161, merupakan salah satu rumah sakit swasta yang ada di Jawa Barat. RSAB ingin terus meningkatkan kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan yang berkualitas. Kepuasan pasien sangat erat kaitannya dengan pengelolaan terhadap feedback dari pasien. Saat ini RSAB memiliki kesulitan dalam menilai kualitas pelayanan jasa dan tingkat kepuasan pasien terutama dalam hal mengolah feedback dari pasien. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) yang merupakan salah satu metode untuk mengukur tingkat kepuasan pasien (sudut pandang pasien). Penelitian ini menghasilkan sistem penilaian kualitas pelayanan yang dikembangkan dengan menerapkan metode IPA. Sistem yang dikembangkan memiliki kemampuan dalam mengolah data feedback dari pasien menghasilkan informasi yang berguna untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian dari pengujian terhadap sistem yang dikembangkan membantu rumah sakit dalam mengolah data feedback dari pasien menjadi informasi untuk pengambilan keputusan peningkatan kualitas pelayanan. Bandung Adventist Hospital (BAH) in Jl. Cihampelas No. 161 is a private hospital located in West Java. BAH want to improve patient satisfaction by providing quality service. Patient satisfaction is very closely related to the management of patient's feedback. BAH have difficulty in assessing the quality of service and level of patient satisfaction, especially in terms of processing patients' feedback into useful information. This research applied Importance Performance Analysis (IPA) method to measure the level of satisfaction from the patient's point of view. This research also generates service quality assessment system developed by applying IPA. The system has ability to process patient's feedback data to produce useful inforrmation for decision making. The result of research from system testing help to process patient's feedback data into useful information fro decision-making to improve the quality of service.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

telematika

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Telematika is a scientific periodical written in Indonesian language published by Institut Teknologi Harapan Bangsa twice per year. Jurnal Telematika publishes scientific papers from researchers, academics, activist, and practicioners, which are results from scientific study and research in ...