Memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan bukan merupakan suatu hal yang mudah. Banyaknya alternatif pilihan mobil yang tersedia dengan spesifikasi yang beragam menyebabkan calon pembeli sering merasa kebingungan dalam menentukan pilihan. Masing-masing orang pun bisa memiliki parameter dan prioritas yang berbeda dalam memilih mobil, sehingga tipe mobil yang cocok bagi seorang pembeli belum tentu cocok bagi pembeli yang lain. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem rekomendasi untuk membantu proses pemilihan mobil bagi calon pembeli dengan menggabungkan dua buah metode. Metode demographic filtering digunakan untuk memberikan rekomendasi berdasarkan kemiripan profil antar pembeli. Sedangkan metode content-based filtering digunakan untuk memberikan rekomendasi berdasarkan kemiripan antara kriteria mobil yang diinginkan pembeli dengan spesifikasi mobil yang tersedia. Hasil pengujian menunjukkan bahwa content-based filtering memberikan rekomendasi yang lebih baik dibandingkan dengan demographic filtering. Choosing a car that suits your need is not an easy task. The numbers of alternatives with various spesifications often overwhelm and confuse the costumer when they are trying to buy a car. Each customer possibly has different parameters and priorities in choosing a car, thus a car that fits one person's criteria might not be suitable for others. This study develops a recommendation system that can help the process of choosing a car by combinig two methods. Demographic filtering is used to give recommendation based on the similarity between customer's profiles. Content-based filtering is used to give recommendation based on the similarity between customer's criteria and the specifications of available cars. Based on user evaluation, content-based filtering give better recommendations than demographic filtering.
Copyrights © 2014