An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab
Vol 21 No 02 (2019): Jurnal An Nabighoh

Ragam Pemahaman Mahasiswa pada Pembelajaran Bahasa Arab

Dian Ekawati (Institut Agama Islam Negeri Metro)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Dalam sejarah pendidikan Islam, pendidikan bahasa Arab di Indonesia dimulai dari lembaga pendidikan non formal atau pondok pesantren. Perkembangan bahasa Arab semakin nampak dengan dimasukkanya pelajaran bahasa Arab dalam mata pelajaran formal di sekolah-sekolah agama. PGMI adalah salah satu jurusan di Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Metro yang mencetak alumni siap terjun menjadi tenaga pendidik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Kenyataan yang ditemui bahwa tidak semua mahasiswa PGMI berasal dari lulusan sekolah berbasis agama atau pernah tinggal di pesantren. Sebagian besar mereka merupakan alumni sekolah umum, dan belum mendapatkan materi bahasa Arab di sekolahnya. Mata kuliah bahasa Arab merupakan salah satu mata kuliah wajib di IAIN Metro. Pra survey pada jurusan PGMI diperoleh data bahwa mahasiswa mendapatkan nilai bahasa Arab rata-rata kelas yaitu 70, sedangkan yang mendapatkan nilai 85 hanya 6,8% nya dari total jumlah mahasiswa PGMI semester II sejumlah 104 orang. Yang mendapatkan nilai 60 ada 3 orang dan nilai gagal yaitu 1 orang. Adapun Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-kualitatif. Dengan hasil akhir penelitian adalah; mahasiswa yang sudah mempelajari bahasa Arab pada sekolah berbasis agama sebelumnya tidak akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengikuti perkuliahan mata kuliah bahasa Arab di jurusan PGMI. Sementara mahasiswa yang belum pernah mempelajari bahasa Arab di bangku sekolah menemui kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

an-nabighoh

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

An-Nabighoh Is an Arabic education and learning journal published by the IAIN Metro Lampung. The editors invite experts and academics to contribute their manuscripts, whether in the form of research results, in-depth opinions, book reviews relating to Arabic education and learning themes. This ...