Pembelajaran bahasa Arab khususnya di SMP IT Insan Mulia Batanghari, khususnya kelas VIII Ar Rasyid ditunjukkan agar siswa mampu menguasai bahasa Arab secara teori dan praktik untuk berkomunikasi, berinteraksi sosial, dan menambah khazanah keilmuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang kebahasaan sebagai alat komunikasi. Namun demikian, sesuai pengamatan awal di kelas VIII Ar- Rasyid, pembelajaran bahasa Arab tidak luput dari problema. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab masih saja membosankan, dan menakutkan bagi peserta didik. Bahwa ada yang berasumsi bahwa bahasa Arab secarab fungsional kurang penting, lain halnya dengan bahasa Inggris. Hal diatas kemudian menjadi problem dalam pembelajaran bahasa Arab, dimana peserta didik menjadi enggan mempelajari bahasa Arab dan akan berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII Ar- Rasyid SMP IT Insan Mulia Batanghari sudah dilakukan secara optimal, namun dilihat dari hasil nilai pembelajaran bahasa Arab yang didapatkan masih dibawah standar belajar minimal, dengan melihat masalah tersebut peneliti mencoba untuk mencari solusi sehingga hasil pembelajaran sesuai dengan harapan.
Copyrights © 2019