Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD POKOK BAHASAN DALIL PYTHAGORAS

Rahmawati Rahmawati (STKIP YAPIM MAROS)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2018

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa BS, LKS dan RPP yang valid, efektifdanpraktis.Penelitianinidilakukanpadakelas VIII6MTs Negeri Model Makassar dengan subjek penelitian adalah siswakelas VIII6.Instrumen dalam penelitian ini adalah(1) Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa Selama Pembelajaran, (2) Lembar Pengamatan Aktivitas Guru Selama Pembelajaran, (3) Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe STAD, (4) Respon Siswa terhadap Kegiatan Pembelajaran, dan (5) TesHasilBelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji coba perangkat pembelajaran diuraikan sebagai berikut: (1) Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 67,70 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 15,59. Banyaknya siswa yang tuntas belajara dalah 31 dari 40 orang (77,5%). Data ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai, (2) kategori aktivitas siswa yang diamati memenuhi Interval Toleransi PWIyang ditentukan, (3) Pada umumnya siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD, dan (4) Tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD termasuk dalam kategori sangat tinggi.Kata Kunci: pengembangan perangkat, model kooperatif, tipe STAD, dalil Pythagoras

Copyrights © 2018