Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penggunaan Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Nur Aisyah Humairah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research ) yang bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian melaluipenggunaan peta konsep. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Negeri 1Campalagian Kabupaten Polewali Mandar tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 24 orang.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada tiap akhir siklus.Observasi dilakukan setiap proses pembelajaran berlangsung dan tanggapan siswa tentangpenggunaan peta konsep diambil pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis denganmenggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah penggunaan petakonsep dalam pembelajaran fisika mengalami peningkatan. Baik dari segi perubahan sikapsiswa, keaktifan dan kesungguhan serta motivasi siswa dalam belajar fisika. Hal yang palingutama dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan belajar secara klasikal yaitu dari 41.67%menjadi 87.50%. Kehadiran, keaktifan dan rasa percaya diri siswa mengikuti kegiatan belajarmengajar, juga menunjukkan adanya kemajuan dan kesungguhan yang nampak dari hasilobservasi guru pada saat pembelajaran berlangsung . Hal tersebut di atas mengidentifikasikanbahwa hasil belajar fisika siswa kelas VII1 SMP Negeri 1 Campalagian Kabupaten PolewaliMandar dapat ditingkatkan melalui penggunaan peta konsep dalam pembelajaran fisika.Kata Kunci : Penelitian tindakan kelas, peta konsep, hasil belajar, analisis kuantitatif dankualitatif.

Copyrights © 2017