Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017

Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Siswa Kelas XI IPA3 Di SMA Negeri 1 Wonomulyo

Syamsiara Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakanmedia interaktif berbasis ICT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1Wonomulyo semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakankelas, terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data diperoleh denganmenggunakan 3 instrumen, yaitu lembar observasi untuk aktivitas, angket untuk sikap, dan tesevaluasi untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasilpenelitian menunjukkan dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswameningkat dari 68,81 menjadi 74,93, sedangkan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari70,37% menjadi 96,30%. Selain nilai hasil belajar siswa yang meningkat, aktivitas dan sikapsiswa juga meningkat. Peningkatan aktivitas tersebut meliputi, (1) mengamati media interaktifberbasis ICT, (2) menyimak penjelasan guru, (3) mencatat penjelasan guru, (4) mengerjakan soalberbasis flash, (5) aktif menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwapenggunaan media interaktif berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,serta dari perhitungan regresi dan korelasi diketahui terdapat hubungan positif antara aktifitasdan sikap terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: Media interaktif, aktivitas dan hasil belajar siswa

Copyrights © 2017