Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Rekayasa Berbasis Pendidikan Islam

Milawaty Waris (Universitas Sulawesi Barat)
Muh.Tamrin (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ghazali Bone)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan melaksanakan proses penilaian terhadap kualitas bahan ajar mata kuliah matematika rekayasa berbasis Islam pada Program Studi Teknik Sipil Universitas Sulawesi Barat. Tujuan penelitian ini untuk memfasilitasi pencapaian penalaran mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode Research & Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi teknik sipil angkatan 2017 sebanyak 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh hasil validasi bahan ajar termasuk kategori valid.. Berdasarkan hasil pengamatan, keterlaksanaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa rata-rata semua komponen pengamatan keterlaksanaannya termasuk kategori terlaksana seluruhnya (praktis). Empat kriteria yang menjadi acuan yaitu hasil belajar mahasiswa tercapai, efektif, ideal, dan memenuhi kriteria batas toleransi pencapaian waktu ideal yang digunakan. hasil rata-rata kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran berada pada kriteria tinggi dan hasil respon dari mahasiswa dikategorikan positif. Disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas dilaksanakan, bahan ajar matematika rekayasa berbasis Islam telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Copyrights © 2019