Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Integrasi Kegiatan Self-diagnosis pada Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Pendekatan STEM

Hannah Siti (Universitas Pendidikan Indonesia)
Irma Rahma Suwarma (Universitas Pendidikan Indonesia)
Agus Jauhari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika dan self-diagnosis peserta didik menggunakan pendekatan STEM pada kelas XI SMA materi hukum pascal. Desain penelitian one-group pretest-posttest dengan sampel 30 orang siswa. Berdasarkan hasil temuan, terdapat peningkatan penguasaan konsep [<g> = 0,51] dari pre-test ke post-test. Pada kegiatan self-diagnosis diidentifikasi bahwa terdapat perbedaan skor [z = 1,75; p = 0,9599] siswa hasil penilaian peneliti dan hasil self-scoring. Diagnosa diri yang lebih mendalam memicu serangkaian langkah implisit yang mendorong mereka untuk mengatur kembali kognisi mereka dengan cara memperbaiki letak kesalahan yang mereka lakukan. Sehingga kegiatan pembelajaran pendekatan STEM yang melibatkan aktivitas self-diagnosis dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik.

Copyrights © 2020