Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 3 (2019)

PENDAMPINGAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENYUSUNAN PROGRAM INTERVENSI TERHADAP SISWA BERKESULITAN BELAJAR

Maryani, Ika (Unknown)
Erviana, Vera Yuli (Unknown)
Fatmawati, Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2019

Abstract

Program ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru dalam diagnostik kesulitan belajar (DKB) dan meningkatkan kemampuan guru dalam diagnostik kesulitan belajar (DKB). Program ini terdiri dari 2 tahapan yaitu pelatihan dan pendampingan. Adapun metodenya adalah metode ceramah, diskusi, praktik, dan self and group reflection. Program ini berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan intervensi kesulitan belajar. Proses intervensi diawali dari Identifikasi jenis gaya belajar, identifikasi jenis/faktor kesulitan belajar siswa, perencanaan (penyusunan program, penyusunan instrumen), pelaksanaan (intervensi langsung, melalui media, melalui metode, tutor sebaya, pelibatan orang tua, remidial, dan pengayaan), serta evaluasi dan tindak lanjut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmuad

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memiliki fokus pada hasil pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat, baik itu pengabdian dosen maupun KKN oleh mahasiswa. Selanjutnya, cakupan jurnalnya bisa dari berbagai bidang keilmuan, yang dapat memberikan banyak manfaat buat ...