Jurnal PTK dan Pendidikan
Vol 3, No 2 (2017): Juli-Desember

MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN PADA MATERI IKATAN KIMIA SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nisa, Khoirotun (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif  dan hasil belajar siswa kelas X.1 di SMAN 8 Banjarmasin pada materi ikatan kimia melalui model Cooperative Learning Time Token, aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan model Cooperative Learning Time Token, serta meningkatkan respon siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin dengan menggunakan model Cooperative Learning Time Token.Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK yang diadopsi dari model ? Spiral Penelitian Tindakan? oleh Kemmis & Mc Taggart. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (lembar observasi). Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan standar ketuntasan individu 75 dan secara klasikal tercapai minimal 75% siswa yang memperoleh nilai ? 75. Analisis deskriptif menunjukan bahwa pada materi Ikatan Kimia kemampuan guru dalam PBM menerapkan model Cooperative Learning Time Token adalah baik dan dapat meningkatkan partisipasi aktif dan hasil belajar siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 persentase ketuntasan belajar sebesar 75,68% menjadi meningkat pada siklus II  persentase ketuntasan belajar menjadi 82,86%. Respon dan aktivitas siswa kelas X.1 SMAN 8 Banjarmasin memberikan respon positif terhadap penerapan model Cooperative Learning Time Token dalam kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ptkpend

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training ...