Jambura Economic Education Journal
Vol 2, No 1 (2020): JANUARY 2020

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Andi Kurniadi (universitas negeri gorontalo)
Irina Popoi (universitas negeri gorontalo)
Melizubaida Mahmud (universitas negeri gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kompetensi profesional guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Ini terlihat dari hasil analisis regresi dimana kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang mencapai 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...