Jambura Economic Education Journal
Vol 2, No 1 (2020): JANUARY 2020

Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Husain Tonaiyo (universitas negeri gorontalo)
Rosman Ilato (Unknown)
Rusli Isa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2020

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII-2 Di SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontaloā€¯. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan menggunakan metode resitasi. Adapun langkah- langkah metode reistasi terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan evaluasi, dan (4) analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Tehnik analisis data menggunakan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari observasi awal dengan jumlah 25 siswa. Siswa yang memperoleh nilai ketuntasan berjumlah 7 orang atau 28%, kemudian meningkat pada siklus 1 sebanyak 16 0rang siswa atau 64%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 22 0rang siswa atau 88%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Resitasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) aims to help researchers, students and lecturers publish their works for public audiences and find new connections. The Jambura Economic Education Journal (JEEJ) considers original research articles and reviews articles in the field of research on ...