Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 9 No 2 (2019)

METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SDI AL-HIDAYAH PAMULANG

Fauziah, Nisma Syifa (Unknown)
Syarif, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang penggunaan metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur?an Pada Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah Pamulang. Metode pembelajaran tersebut salah satunya untuk mengetahui kelancaran membaca siswa dalam hal membaca Al-Qur?an. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif analisis dengan latar penelitian di Sekolah Dasar Islam Al-Hidayah Pamulang, subyek penelitiannya adalah siswa kelas 3. Peneliti melakukan observasi terhadap aktivitas guru meliputi pelaksanaan kegiatan pembuka, pelaksanaan kegiatan inti, dan pelaksanaan kegiatan penutup. Selain observasi aktivitas guru, peneliti juga mengamati aktivitas siswa dalam pembelajaran meliputi kelancaran membaca Al-Qur?an siswa, kemampuan membaca sesuai dengan tajwid, dan kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai dengan makhrajnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di SDI Al-Hidayah Pamulang bahwasannya, proses pembelajaran Al-Qur?an dengan menggunakan metode Tilawati ini berjalan dengan baik karena guru sangat berperan penting terhadap metode sehingga hasil yang dicapai siswa sangat berpengaruh dengan kompetensi guru dalam penyampaian metode.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

qiroah

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Qiroah Journal invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researchers in the areas related to Islam and Muslim society which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives science of the Qur'an and ...