Demandia : Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan
Vol 5 No 01 (2020): Vol 05, No 01 (Maret 2020) demandia - Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen

PERANCANGAN LOGO PURA BUKIT DHARMA DURGA KUTRI, BURUAN, BLAHBATUH, GIANYAR

I Nyoman Anom Fajaraditya Setiawan (Unknown)
I Nyoman Yoga Trisemarawima (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Sebagai bagian dari identitas visual, logo kini memiliki peran penting dalam suatu kelembagaan misalnya pada gagasan kepanitian di Pura Bukit Dharma Durga Kutri. Pura yang berlokasi di Desa Buruan Kabupaten Gianyar Bali ini, merupakan salah satu situs peninggalan purbakala dan membutuhkan logo untuk kebutuhan administratif untuk kedinasan dan identitas pada media publikasi terkait halnya pada proposal dan undangan untuk instansi yang minimal setiap enam bulan selalu dilakukan. Pada proses perancangan logo, dilakukan pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara secara purposive, lalu data tersebut diasumsikan sebagai bahan untuk pencarian ide dan dasar referensi visual. Mengikuti struktur pola pikir dan proses perancangan, penciptaan dilakukan diantaranya dengan teknik stilir pada ilustrasi tradisional Bali dan modifikasi pada elemen tradisi lainnya agar dapat diolah menjadi alternatif rancangan. Hasil dari rancangan kemudian diputuskan pada parum adat secara demokratis sehingga hasil keputusan dapat dipublikasikan untuk berbagai tujuan. Pada dasarnya penciptaan identitas visual ini sangat memerlukan pertimbangan berbagai aspek khususnya pada aspek filosofis yang telah melatarbelakanginya. Tata kelola penggunaan identitas visual pun selayaknya perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan gagasan awal dan tujuan penciptaan sehingga rancangan logo dapat dipakai sebagaimana mestinya. Kata kunci: rancangan, Identitas visual, logo, pura, Durga Kutri

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

demandia

Publisher

Subject

Arts Decision Sciences, Operations Research & Management Other

Description

Journal “demandia” is a print and electronic publication media which publishes the results of studies and research in the field of Visual Communication Design, Design Management and Advertising; published twice a year (March and September). The journal managed by Telkom University aims to ...