JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)
Vol 1, No 1 (2016): JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)

APLIKASI LIGNOSELULOSA SULFONAT AMPAS TEBU UNTUK ADSORPSI ZAT WARNA TEKSTIL KATIONIK BASIC VIOLET 10

Suryadi Budi Utomo (Program Studi Magister Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta, Jawa Tengah 57126)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian aplikasi lignoselulosa sulfonat ampas tebu untuk adsorpsi zat warna tekstil kationik basic violet 10. Lignoselulosa sulfonat disintesis dari limbah ampas tebu melalui proses ekstraksi dan sulfonasi menggunakan larutan induk yang terbuat dari 168 g Na2SO3 dan 1 g NaHCO3. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen di laboratorium. Prosedur kerja yang dilakukan adalah dengan membuat adsorben alami, bebas ekstrak, dan lignoselulosa sulfonat kemudian mengidentifikasi gugus fungsi dengan metode spektrofotometri menggunakan spektrometer infra merah. Uji adsorpsi dilakukan pada berbagai variasi waktu interaksi 5, 10, 20, 40, 80, dan 160 menit pada pH 6,0. Untuk analisa kuantitatif dilakukan dengan metode spektrofotometri menggunakan spektrofotometer UV-Vis pada panjang gelombang 542,75 nm.Kandungan komponen ekstraktif total (total extractive content) dari ampas tebu yang diteliti adalah 15,2 %. Adsorben lignoselulosa sulfonat memiliki daya adsorpsi paling tinggi terhadap zat warna tekstil kationik basic violet 10 yaitu sebesar 87,42 %, sedangkan adsorben alami 66,3% dan adsorben bebas ekstrak 82,64%. Waktu optimum adsorpsi oleh adsorben alami adalah 40 menit, sedangkan untuk adsorben bebas ekstrak dan lignoselulosa sulfonat adalah 80 menit.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry

Description

The JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia) is a national journal, published three times a year in April, August, and December, containing research articles on Chemistry and Chemistry ...