JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)
Vol 1, No 1 (2016): JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KIMIA SMA KELAS XI MATERI ASAM BASA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Nanang Rahman (Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No.1, Karang Malang,Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281)
Sri Atun (Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Jl. Colombo No.1, Karang Malang,Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan perangkat pembelajaran kimia SMA kelas XI materi asam basa untuk meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik, (2) mengetahui kualitas dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan(3) mengetahui perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter antara peserta didik yang diajarkan menggunakan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D yang memiliki tahapan Define, Design, Develop dan Disseminate. Namun, tahapan Disseminate tidak dilaksanakan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencanapelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik, dan instrumen penilaian. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli, pendidik, dan teman sejawat, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara umum memiliki kategori “sangat baik”. Pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan peneliti dapat membentuk karakter disiplin, tanggung jawab, kreatif, komunikatif dan teliti. Penggunaan perangkat pembelajaran hasil pengembangan juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar dan pembentukan karakter peserta didik yang diajarkan dengan perangkat hasil pengembangan dengan yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jkpk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry

Description

The JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia) is a national journal, published three times a year in April, August, and December, containing research articles on Chemistry and Chemistry ...