ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1 No 1 (2018): ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya

CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN TELEVISI

anita kurnia rachman (IKIP Budi Utomo Malang)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2018

Abstract

Abstark Iklan memberikan informasi kepada penonton televesi untuk mengetahui berbagai informasi tentang apapun yang dibutuhkan penonton. Iklan saat ini banyak menghadirkan perempuan untuk menarik minat penonton. Perempuan memang memberiakan daya tarik tersendiri pada tayangan iklan. Hal ini memunculkaneksploitasi perempuan sebagai objek seksual berdasarkan cara berpikir stereotype (meniru), seringkali muncul dalam berbagai karya iklan televisi. Perbedaan gender memberikan budaya dalam masyarakat, yaitu sistem patriaki. Sistem ini memberikan kekuasaan pada laki-laki. Hal ini menimbulkan citra yang disebut P-5 yang melekat pada perempuan melalui iklan yang diperankan. Citra itu, yaitu citra peraduan, citra pigura, citra pilar rumah tangga, citra pergaulan, dan citra pinggan. Posisi perempuan dalam bermasyarakat memberikan andil terhadap kekerasan perempuan dalamm media massa atau media televisi. Mengupayakan peranan wanita baik di dunia pertelevisian khususnya iklan yang memberikan pendidikan tentang gender. Upaya ini perlu disosialisasikan untuk menumbuhkan rasa toleransi, sikap saling menghormati, saling memahami serta saling membantu antara laki-laki dan perempuan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alfabeta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALFABETA menerima tulisan artikel berupa hasil penelitian maupun konseptual bidang linguistik, sastra, penilaian, dan pembelajaran bahasa dan sastra ...