Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio
Vol. 8 No. 1 (2016): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio

URGENSI CONCEPT BUILDING DALAM PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA SOSIAL-SPASIAL

Marianus Mantovanny Tapung (SPs Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2016

Abstract

Dunia yang senantiasa berubah dan memiliki kompleksitas ide, benda dan manusia menuntut seseorang untuk memiliki konsistensi dan koherensi dalam berpikir, yang hanya mungkin bila berdasarkan pada konsep yang tepat, valid, eviden, benar, dan bermanfaat. Konsep merupakan suatu kegiatan akal budi yang ditandai dengan melakukan refleksi/abstraksi terhadap fakta/data, atribut dan pengalaman nyata. Konsep yang kuat, akurat dan benar merupakan keberlanjutan yang utuh antara sensasi dan refleksi, yang akan menentukan kualitas berpengetahuan, bersikap dan berketerampilan seseorang. Dalam dunia pembelajaran, konsep yang matang dan jelas akan menentukan kemampuan untuk penguasaan dan pengembangan materi yang baik bagi guru dan siswa, yang berakibat pada tingkat capaian hasil belajarnya. Lebih dari itu, penguasaan dan penguatan konsep yang baik pada diri siswa akan membantu pembelajaran yang lebih bermakna spasial, di mana dapat membantu menumbuhkan kesadaran dan kepekaan siswa dalam melakukan interaksi, interrelasi dan interdependensi dengan sesama dan alam lingkungannya. Konsep yang baik tentang diri, sesama dan alam lingkungan akan menentukan cara siswa memposisikan diri dalam ruang lingkungan alam.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio (JPKM) is published regularly twice a year in January and June by the Institute for Research and Community Service (LPPM), Santu Paulus College of Teacher Training and Education. This journal contains scientific articles from research in the fields of ...