Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam MenyelesaikanSoal-Soal Matematika yang Terkategori Sulitpada UASBN. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit, mendesripsikan letak kesalahan siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit, dan mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan siswa SD di Kabupaten Manggarai dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang terkategori sulit. Target penelitian ini adalah mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa SD, mengetahui letak kesalahan, dan mengetahui faktor penyebab kesalahan. Hasil penelitian deskriptif ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang terkategori sulit pada UASBN meliputi: kesalahan fakta, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan keterampilan. Letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal adalah: kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam menemukan hubungan antara konsep, kesalahan dalam membuat model matematika, kesalahan dalam mengerjakan soal, dan kesalahan dalam menentukan hasil akhir. Faktor penyebab kesalahan adalah kurangnya pemahaman terhadap soal, kurangnya pemahaman terhadap konsep, kesulitan menemukan hubungan antar konsep, kurangnya penguasaan terhadap prosedur penyelesaian, dan ketidaktelitian atau kecerobohan.
Copyrights © 2016