STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi)
Vol 1, No 2 (2016)

Penilaian Siswa Terhadap Penerimaan Materi Ajar Matematika Menggunakan Metode Mamdani: Studi Kasus SMP Citra Dharma

Meri Chrismes Aruan (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2016

Abstract

Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah, orangtua, dan masyarakat. Dimana sekolah sebagai lembaga formal yang berfungsi dan bertanggung jawab mengembangkan dan mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, mandiri, dan mampu membangun bangsa di masa yang akan datang. Penilaian siswa terhadap pemahaman materi Matematika, ditentukan berdasarkan silabus pengajaran Matematika antara lain pemahaman tentang memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah. Dengan tercapainya nilai yang bagus dalam proses pembelajaran, menunjukan pembelajaran dilaksanakan secara berkualitas.Di SMP Citra Dharma,evaluasi penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika masih menggunakan sistem manual hingga memakan waktu yanglama dan dapat berdampak pada hasil yang kurang akurat. Untuk itu perlu di buat model penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika berbasis komputer (soft computing) menggunakan program Matlab R2012b dengan menggunakan metode Fuzzy Inference System (FIS) Mamdani.Kata Kunci: Pendidikan, Matematika, Fuzzy Inference System(FIS) Mamdani, Matlab, prototype.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

STRING

Publisher

Subject

Computer Science & IT Mathematics

Description

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) focuses on the publication of the results of scientific research related to the science and technology. STRING publishes scholarly articles in Science and Technology Focus and Scope Covering: 1. Computing and Informatics 2. Industrial Engineering ...