Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi dan menyusun strategi dalam pengembangan UMKM di Kota Tegal khususnya pada Sektor Perdagangan sebagai salah satu sektor unggulan komparatif dan kompetitif serta mendukung pembangunan wilayah berdasarkan potensi dari sumber daya yang dimiliki oleh Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif dalam penelitian ini memberikan ulasan yang diperoleh melalui kuisioner dan wawancara umtuk kemudian dianalisis dalam bentuk matriks SWOT. Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif pada penelitian ini berkaitan dengan hasil interpretasi terhadap data kualitatif yang diolah dalam bentuk bobot dan rating untuk memunculkan strategi yang tepat dalam pengembangan UMKM di Kota Tegal. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat permasalahan pada setiap aspek yang dibahas antara lain aspek Permodalan, Produksi, Teknologi, Pemasaran, SDM, Birokrasi, Sarana dan Prasaran, serta Sosial dan Ekonomi. Sedangkan strategi yang tepat dilakukan dalam upaya pengembangan UMKM Sektor Perdagangan di Kota Tegal adalah strategi SO (Strength Opportunities).
Copyrights © 2020