Jurnal Riset Komunikasi
Vol 3 No 1 (2020): Februari 2020

LAYAK BERITA KE LAYAK JUAL: NILAI BERITA JURNALISME ONLINE INDONESIA DI ERA ATTENTION ECONOMY

Titis Nurwulan Suciati (Unknown)
Nurul Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2020

Abstract

Penulis ingin menjabarkan praktik tiga media online di Indonesia yakni Republika.com, Merdeka.com dan Tribunnews.com dalam menentukan berita di headline terutama pada penentuan nilai berita. Penulis berargumen, seleksi peristiwa/isu pada produksi berita bukan lagi berdasarkan kepentingan sosial publik dan nilai jurnalisme tradisonal melainkan untuk kepentingan attention economy dengan tujuan view, click dan sharing yang pada akhirnya menaikkan keuntungan media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori ekonomi politik dan perspektif Attention Economy untuk mengungkap pergeseran nilai berita pada jurnalisme online sekarang. Nilai berita sensasional, pemanfaatan media sosial dan data metrik perilaku audiens dalam penentuan konten berita merupakan temuan menonjol yang menempatkan nilai berita sebagai komodifikasi media online nasional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrk

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM) Print ISSN 2615-0875 | Online ISSN 2615-0948 is a scientific journal published by Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Riau Region. JURKOM focuses on communication issues in general including communication science, journalism, Public Relations, ...