Agritechnology : Jurnal Teknologi Pertanian
Vol 2 No 1 (2019): Edisi Juni

Potensi Antioksidan Beras Analog Dari Sagu Baruk (Arenga microcarpa) dan Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas L. Poiret)

Frenly Wehantouw (Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Papua Jl. Gunung Salju amban, Manokwari 98314.)
Almawaty Kaemba (Dinas Pangan, Provinsi Sulawesi Utara Jl. R. E. Martadinata no 11, Manado 95127)
Edi Suryanto (Jurusan Kimia, Universitas Sam Ratulangi Jl. Kampus Unsrat Kleak, Manado 95115)
Christine F. Mamuaja (Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Universitas Sam Ratulangi Jl. Kampus Unsrat Kleak, Manado 95115)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Beras analog merupakan tiruan dari beras yang terbuat dari bahan-bahan seperti umbi-umbian dan serealia yang bentuk maupun komposisi gizinya mirip seperti beras. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis senyawa dan aktivitas antioksidan dari beras analog sagu baruk dan ubi jalar ungu. Senyawa antioksidan yang diuji yaitu total fenolik, sedangkan aktivitas antioksidan yaitu aktivitas penangkal radikal bebas yang diuji secara spektrofotometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beras analog mengandung total fenolik tertinggi pada F1 (Tepung sagu baruk dan tepung ubi jalar ungu dengan konsentrasi 50%) yaitu sebesar 43,16 mg/mL sampel dan memiliki aktivitas penangkal radikal bebas sebesar 93,92%. Kandungan total fenolik berkorelasi dengan aktivitas penangkal radikal bebas dengan nilai koefisien korelasi r = 0,983. Beras analog dari sagu baruk dan ubi jalar ungu berpotensi sebagai antioksidan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

agritechnology

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Agritechnology with registered number ISSN 2620-4738 (print) and ISSN 2615-885X (online) is a scientific journal that publishes research results in the fields of food and agricultural products, agricultural and bio-system engineering, and agro-industrial technology. This journal was published by the ...