Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 2 No. 2 (2019): Volume 2 Nomor 2 Desember 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE LISTENING TEAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS XI DI SMK NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Asali Lase (IKIP Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team pada mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah siswa di Kelas XI SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdaarkan penelitian diperoleh bahwa: pada siklus ke-I mulai terlihat bahwa kemampuan siswa menguasai materi pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 67,33 dengan tingkat kemampuan cukup. Walaupun demikian masih terdapat siswa yang kurang aktif, kurang kooperatif, kurang termotivasi. Hal ini disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi Pasar masih kurang dan kosentrasi siswa masih kurang. Pada siklus II dengan materi yang sama terlihat hasil belajar siswa lebih meningkat, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,67 dengan tingkat penguasaan materi pembelajaran tergolong baik. Berdasarkan hasil yang didapat ini maka, prestasi kemampuan siswa dalam menguasai materi pembelajaran ada kemajuan yang signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...