Jurnal Kumparan Fisika
Vol 3, No 1 April (2020): Jurnal Kumparan Fisika

PENERAPAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKATIF MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III UNIVERSITAS BENGKULU

Rosane Medriati (Universitas Bengkulu)
Eko Risdianto (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 May 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi setelah diterapkan pendekatan student centered learning pada matakuliah Strategi Pembelajan Fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 komponen diataranya; perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan fisika FKIP UNIB semester  III tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan gambaran terhadap tes dan observasi oleh observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Penerapan pendekatan Student Centered Learning pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, dan keterampilan komunikatif  mahasiswa Pendidikan Fisika semester III dari siklus satu sampai ke tiga. Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi ABSTRACT This study aims to describe the improvement of creative thinking skills and communication skills after applying the student centered learning approach to the Physics Learning Strategies Course. This research used a descriptive statistical approach. This research was a classroom action research (CAR) and consisted of 3 cycles, each cycle consisting of 4 components; planning, action, observation and reflection. The subjects in this study were all students of physics education FKIP UNIB semester III of 2019/2020 school year consisting of 25 people. The instruments used to collect data in this study were observation sheets. The research analysis was carried out using descriptive statistics, namely to describe the description of the test and observation by the observer. Based on the results of the study it can be concluded that the application of the Student Centered Learning approach to Physics Learning Strategy courses can improve creative thinking skills and communicative skills of Physics Education students in the third semester from cycle one to three. Kata kunci: Student Centered Learning (SCL), Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kumparan_fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal ini adalah artikel penelitian terhadap pembelajaran fisika dan keilmuan ...