Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia
Volume 1 No 2 (Desember 2019)

Claymotion Sajian Inovatif Animasi Multimedia Sebagai Literasi Digital dalam Pendidikan Karakter Anak

Hidayah, Nurul (Unknown)
Sari, Maya Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2019

Abstract

Media pembelajaran yang baik yaitu media yang selaras dengan materi apa yang akan disampaikan dalam pembelajaran, sehingga dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran yang optimal dengan  media yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang sesuai dengan isi pembelajaran, dengan memanfaatkan multimedia untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang. Dengan menggunakan media clay untuk membuat video pembelajaran claymotion untuk membantu pembelajaran menghormati orang tua.  Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran video claymotion terhadap pemahaman siswa tentang menghormati orang tua, melalui hasil belajar kelas II SD Negeri Panghegar Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian Reasearch and Development. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan: 1) Pengetahuan awal 46 siswa sebelum diuji cobakan media video claymotion menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65.97 (mean pretest). 2) Pengetahuan  siswa mengenai menghormati orang tua setelah menggunakan media pembelajaran video claymotion menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai yaitu 76.84 (mean posttest). Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan  bahwa ada pengaruh penggunaan media video claymotion  sebagai media pembelajaran yang membantu pembelajaran dengan melihat hasil belajar  siswa dan mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Edsence

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsense) is a national journal intended as a communication forum for Multimedia and other scientists from many practitioners who use Multimedia in research. Edsense received a manuscript in areas of study Multimedia widely, and multidisciplinary based on Multimedia ...