Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) implementasi manajemen perubahan dalam mewujudkan RSSN di SMP Negeri 4 Sentolo; 2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen perubahan dalam mewujudkan RSSN di SMP Negeri 4 Sentolo; dan 3) hasil implementasi manajemen perubahan dalam mewujudkan RSSN di SMP Negeri 4 Sentolo dalam perspektif Total Quality Management. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, urusan kesiswaan, urusan hubungan masyarakat, komite sekolah, serta warga sekitar sekolah. Objek penelitianadalah implementasi manajemen perubahan. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data adalah teknik analisis deskriptif kualitatif induktif model Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen perubahan dalam mewujudkan Rintisan Sekolah Berstandar Nasional di SMP Negeri 4 Sentolo berjalan baik
Copyrights © 2020