Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI)

Pengaruh Strategi Marketing Mix Dan Kualitas Layanan Terhadap Dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bengkel Sugali Nabire)

Ali Waromi (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik dan Rekayasa, USWIM Nabire)
Fuad Achmadi (Program Studi Teknik Industri S-2, Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang)
Ida Bagus Suardika (Program Studi Teknik Industri S-2, Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Bengkel adalah perusahaan yang memberikan jasa servis kendaraan kepada pelanggang membutuhkanstrategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Persaingan yang semakin ketat akan membuat parapelaku bisnis menjadi lebih bergairah dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen. Tujuan dalampenelitian adalah mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen,pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen, pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitaskonsumen pelanggan, pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas konsumen pelanggan danmengetahui besarnya pengaruh terhadap kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan padaBengkel Sugali Kabupaten Nabire, Teknik Pengumpulan dimulai dengan membuat model hubunganantar konstruk, perancangan kuisioner dan penyebarannya dilanjutkan dengan pengolahan data denganmenggunakan Software Amos Versi 20. dilanjutkan membaca hasil estimasi hubungan antar kosntruk.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris. Dengan adanya model tersebut maka penulismelakukan penelitian dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitianyang di peroleh bahwa menunjukkan bahwa koefisien regresi dari strategi bauran pemasaran terhadapkepuasan pelanggan bernilai 0,419 dengan C.R. sebesar 4,414 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari0,05), kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan bernilai 0,257 dengan C.R. sebesar 3,951 dan pvalue<0,001 (lebih kecil dari 0,05), strategi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan bernilai0,215 dengan C.R. sebesar 3,127 dan p-value 0,002 (lebih kecil dari 0,05), kualitas layanan terhadaployalitas pelanggan bernilai 0,226 dengan C.R. sebesar 3,771 dan p-value <0,001 (lebih kecil dari0,05), kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan bernilai 0,408 dengan C.R. sebesar 6,548 danp-value <0,001 (lebih kecil dari 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategimarketing mix, kualitas layanan jika di tingkatkan akan memberikan kepuasan dan meningkat loyalitaspelanggan.Kata Kunci: Marketing Mix, Kualitas Layanan, Kepuasan

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jtmi

Publisher

Subject

Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan ...