JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 1 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Agus Suryana (SD Negeri Cipancar Serangpanjang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pecahan Sederhana melalui penerapan Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III SD Negeri Cipancar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,73 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,63. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,90 (16,02%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Cipancar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2014/2015 pada materi Pecahan Sederhana.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...