JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 1 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)

Eem Solihah (SD Negeri Ekanugraha Kecamatan Sagalaherang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian inIdalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri masih rendah. Dengan demikian: “Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 69,06 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56,25% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 80,94 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,75%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,88 dari siklus 1 ke siklus 2.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...