JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 1 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KERUKUNAN DALAM KERAGAMAN

Supriyatna Supriyatna (SDN Cicadas Kec. Sagalaherang-Subang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas VI pada materi kerukunan dalam keberagaman ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan materi tersebut yang sudah dipelajari sebelumnya, ternyata hanya 5 siswa (33%) dari 15 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 10 siswa (67%) dinyatakan belum lulus, karena siswa belum memiliki sikap saling menghargai dan belum menerapkan kerukunan dalam lingkungan sekolah. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VI dalam materi Kerukunan dalam Keragaman masih rendah. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mehamami materi kerukunan dalam keberagaman melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas VI SD Negeri Cicadas semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajarn jigsaw. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai rata-rata sebesar 69,66 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 53% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,33 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,33%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 13,67.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...