JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)
Vol 5, No 1 (2020): JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia)

Relasi pengetahuan dan kekuasaan dukun dalam pengobatan tradisional

Fitriani, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Pengobatan tradisional merupakan pengobatan yang memanfaatkan bahan tumbuhan rempah-rempah, air, garam dan jimat, yang telah menjadi pengobatan alternatif di dalam masyarakat Dusun Lubuk Tenam. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana relasi pengetahuan, relasi kekuasaan, relasi sosial dan kultural dukun, pasien dan masyarakat Dusun Lubuk Tenam dalam pengobatan tradisonal. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian etnografi Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikemukan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memiliki pengetahuan tentang pengobatan tradisional dukun memiliki kekuasaan dalam pengobatan di bandingkan dengan pengobatan medis. dan tidak adanya persaingan antara dukun dan bidan desa maupun antar sesama dukun. Kekuasaan yang didapatkan dukun dikarenakan oleh kepercayaan dan pengetahuan yang dimiliki oleh setiap dukun. Kekuasaan dan pengetahuan merupakan dua sisi yang saling berkaitan, dengan pengetahuan orang akan berkuasa, pengetahuan membentuk kekuasaan. Dukun memiliki pengetahuan tentang pengobatan dan masyarakat membutuhkan pengobtan dari dukun maka antara dukun dan pasien saling keterkaitan satu sama lain. Pengetahuan yang dimiliki dukun membuat ia berkuasa disegi pengobatan sehingga ia memiliki peran dan kedudukan dalam masyarakat. Namun kehidupan atau kegiatan dukun tidak hanyak melakukan pengobatan saja akan tetapi dukun ini juga memiliki kegiatan lain seperi ke lading, berkebun dan lainya. Kemajuan teknologi tidak mempengaruhi masyarakat Dusun Lubuk Tenam untuk berobat. Sehingga pengobatan tradisional masih tetap di lestarikan dan di budayakan.kan dari generasi ke generasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrti

Publisher

Subject

Education

Description

JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) ISSN: 2502-079X (Print), ISSN: 2503-1619 (Electronic) is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of education research. The Focus and scope of the journals are to: 1) Provide a journal that reports research on topics that are of local and ...