At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018

PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BIOTIK DAN ABIOTIK DI KELAS VII-1 MTS NEGERI LANGSA

., Zaimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Performance siswa yang produktif, berprestasi dan mandiri sebagai salah satu indikasipenting dalam mutu pembelajaran dapat dilihat dari hasil kegiatan belajarnya. Halini terkait pula dengan tingkat pemahaman siswa karena tinggi rendahnya prestasibelajar siswa juga hasil dari upaya belajarnya. Rendahnya perolehan prestasi belajarIPA di MTs Negeri Langsa menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnyakinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yangberkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahamansiswa pada materi biotik dan abiotik dengan metode diskusi kelompok di kelas VII-1. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih untuk dapat memecahkanmasalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuanprofesional dan pembelajaran dengan metode diskusi kelompok menjadi alternatifpembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakanadalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalampenggunaan metode diskusi kelompok. Dalam pembelajaran IPA yang membantusiswa mengetahui, memahami, mengamalkan dalam kehidupan dunia nyata daningin mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan metode diskusi kelompoktersebut. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes prasyarat siklus I dan II dapatdisimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MTs NegeriLangsa pada kondisi awal mencapai nilai 2,9 % termasuk kualifikasi rendah danpada siklus I dengan menggunakan metode diskusi mencapai nilai 29,41 % makaangka tersebut kualifikasi sedang. Pada siklus II mencapai nilai 97,1 % maka angkatersebut kualifikasi tinggi. Berarti setelah siklus II semua subjek mengalamipeningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan ...