At-Tarbawi : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan
Vol 10 No 2 (2018): Vol. 10 No. 2 Tahun 2018

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK MATERI AKHLAK TERPUJI KELAS II-B MIN PAYA BUJOK

., Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2019

Abstract

Didalam proses belajar mengajar kadang kala guru masih kurang menggunakanmetode yang sangat tepat. Pelajaran yang diberikan oleh guru secara langsung,seharusnya dapat diamati, diteliti, di hayati dan dikerjakan sendiri oleh anak didik,sehingga dapat menimbulkan kesan yang lebih lama dan tidak mudah terlupakan.Oleh karena itu media pendidikan memegang peranan penting dalam menunjangkeberhasilan proses belajar mengajar. Metode diskusi kelompok adalah merupakansalah satu metode pembelajaran yang bisa membuat siswa lebih aktif danberpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Dalam pembelajaran ini gurumemberikan pengarahan dan bimbingan sesuai dengan materi yang akan di ajarkankepada sisiwa, yang mana siswa disuruh berdiskusi langsung kepada teman dankelompoknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatankualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2siklus dan setiap satu siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswakelas II-b pada MIN Paya Bujok yang berjumlah 36 siswa. Analisis datamenggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisiawal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus dan analisis deskriptifkualitatif hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasilpenelitian diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I yaitu 8siswa atau 23,53. Selanjutnya pada siklus II diperoleh hasil yang memuaskan karena29 siswa atau 85.29% berhasil mendapatkan nilai diatas KKM 70, selebihnya masihada 5 siswa atau 14.17% yang tidak tuntas. Maka dapat disimpulkan adanyapeningkatan hasil belajar siswa pada materi Akhlak Terpuji menggunakan metodediskusi pada siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal At-Tarbawi adalah jurnal hasil penelitian tentang pendidikan,sosial dan kebudayaan. Yang diterbitkan dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan ...