Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra
Vol 13, No 1 (2020)

Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Pendekatan Kolaboratif

Khaerunnisa Khaerunnisa (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah melalui pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Jakarta tahun akademik 2019/2020. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa dalam membuat tulisan ilmiah, peneliti memberikan tes produk (membuat karya ilmiah) pada siklus pertama dan siklus kedua. Sebelum memberikan tes pada siklus kedua, peneliti menggunakan pendekatan kolaboratif kepada mahasiswa. Terdapat beberapa jenis kesalahan di antaranya dalam hal gramatikal dan leksikal. Pada siklus pertama, untuk aspek gramatikal sebesar 78,25% dan persentasi kesalahan siklus kedua menjadi 18,25% yang menunjukkan adanya peningkatan sekitar 60%. Sedangkan untuk aspek leksikal siklus pertama sebesar 77,5%, sedangkan pada siklus kedua berkurang menjadi 12,5%. Dengan demikian dalam hal menulis ilmiah menunjukan adanya peningkatan dalam poin leksikal sebesar 65%.  Hasil tes pada siklus kedua menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis ilmiah dengan menggunakan pendekatan kolaboratif. Kata kunci: karya ilmiah, pendekatan kolaboratif, keterampilan menulisABSTRACTThis research aims to improve scientific writing learning through collaborative learning approach. This research was conducted at Muhammadiyah University of Jakarta in the academic year 2019/2020. To find out the improvement of the students' scientific writing skill, the researchers implemented product tests (making scientific work) in the first cycle and the second cycle. Before giving the test in the second cycle, researchers used collaborative learning for students. There are several types in grammatical and lexical errors. In the first cycle, the grammatical aspect was 78.25% and the percentage of error in the second cycle was 18.25% which showed a percentage increase of around 60%. Whereas for the first cycle aspect, it was 77.5%, while in the second cycle it decreased to 12.5%. Thus in terms of scientific writing shows an increase in lexical points by 65%. The test results in the second cycle showed an increase in scientific writing skills using collaborative learning approach.Keywords: scientific work, collaborative learning, writing skills  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Stilistika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian berupa artikel ilmiah tentang bahasa, sastra dan pengajaran Bahasa ...