Crash Box adalah batang longitudinal yang terintegrasi dengan bumper yang digunakan untuk menyerap energi tumbukan akibat tabrakan melalui proses deformasi (progressive buckling). Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui respon tabung crash box ketika dikenakan beban tumbukan dengan kecapatan rendah. Selain itu analisis ini juga untuk mengetahui besarnya Pmax (peak force) terhadap variasi geometri yang meghasilkan output berupa nilai gaya terhadap perpindahan, sebagai acuan untuk menentukan nilai dari mean crushing force (Pmean) dan crushing force efficiency (CFE). Pada setiap model memiliki mean crushing force (Pmean) dan crushing force efficiency (CFE) yang berbeda-beda. Pada model 1 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 12.976 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.584, model 2 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 10.458 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.789, dan model 3 memiliki nilai mean crushing force (Pmean) sebesar 9.282 kN dan crushing force efficiency (CFE) sebesar 0.798.
Copyrights © 2020