Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 7 No 1 (2020): Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam

Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch

Dinar Pratama (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Tujuan utama penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik khusus tes buatan guru Akidah Akhlak melalui pendekatan Item Response Theory (IRT) model Rasch. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 67 pola respon siswa terhadap tes dengan lima alternatif jawaban. Perangkat tes buatan guru ini diambil dari hasil pelaksanaan Ujian Akhir Semester tahun pelajaran 2018/2019 melalui teknik dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan melalui pendekatan IRT model Rasch dengan bantuan software QUEST. Berdasarkan hasil analisis, dari 30 item terdapat 28 item fit dengan model Rasch dengan nilai OUTFIT t ≤ 2.00. Ditinjau dari tingkat kesulitan item, terdapat 7 item atau sebesar 25% dengan kategori sangat sulit. Item dengan kategori sulit sebanyak 6 item atau 21.4%, kategori item sedang sebanyak 2 item atau sebesar 7.14%, kategori mudah sebanyak 13 item atau sebesar 46.4%, dan 0% untuk kategori item soal sangat mudah. Rentang nilai tingkat kesukaran berkisar antara -2.94 sampai 4.18. Nilai reliability of item estimate sebesar 0.94 dengan kategori baik sekali dan nilai reliability of case estimate sebesar 0.38 dengan kategori lemah. Berdasarkan nilai reliability of case estimate, tes ini perlu dilakukan revisi agar sesuai dengan kemampuan peserta tes. Kata Kunci: Tes, Item Response Theory, Model Rasch

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tar

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

This journal aim is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of Islamic religious education. Its scope in Islamic education, Spiritual education, morals education, values education, and character education; the place and function of education ...